Naik Kapal Jakarta-Surabaya, Mengapa Tidak?

Jalan tol yang kini telah terhubung dari Jakarta sampai Surabaya mempercepat waktu tempuh, dari sekitar 18 jam menjadi setengahnya, hanya sekitar 9 jam akan mendorong orang untuk mencoba Jakarta-Surabaya dengan berkendara.  Bagi yang ingin super cepat, tentu menggunakan pesawat.

Bagaimana dengan kapal laut? Mengapa tidak ?  Pada 30 Agustus 2019, penulis mendapat kesempatan menjajal kapal dari Jakarta ke Surabaya.  Naik kapal, boarding selepas siang sekitar jam 14.30 WIB.

KM Doro Londa nama kapalnya. Kapal penumpang milik PT Pelni (Persero). Kapal cukup besar dengan Gross Tonage (GT) 14.685 GT.  Kecepatan rata-rata kapal ini lumayan, bisa mencapai 16,5 knots atau kira-kira 12,02 kilometer per jam (1 knot = 1,85 km/jam).  Dengan kapal yang cukup gede itu dan kecepatan rata-ratanya seperti itu, kita bisa berharap - jika keadaan gelombang normal - kondisi kapal tidak akan terlalu terombang ambing ombak.

Lama perjalanan diperkirakan sekitar 25 jam.  Namun tidak perlu khawatir, tidak perlu worry karena kapal ini difasilitasi dengan kamar tidur (kabin) yang oke, syaratnya tentu kita beli tiket kelas 1 (first class).  Kamar nya mirip kamar hotel dengan skala yang lebih kecil.  Ada televisi (TV) dan tentu saja ada kamar mandi di dalamnya.



Jika bosan di kamar, tenang saja, di kapal ada hiburannya juga.  Semacam cafe atau bar lengkap dengan live music-nya.

Saat senja, kita bisa menikmati keindahan sunset.  Saat pagi, bisa menikmati indahnya fajar dan sunrise.

Tidak hanya hiburan, sarana untuk serius juga ada. Kita bisa ber-seminar di atas kapal.  Bisa rapat atau meeting di atas kapal.

Jika pandemi reda, boleh dicoba.  Mengapa tidak, kita akan punya pengalaman berbeda.

2 komentar untuk "Naik Kapal Jakarta-Surabaya, Mengapa Tidak?"

Posting Komentar