Leading By Example : Talk Less Do More

Leading By Example
Pak Ketua RT 008 2020-2023 Pak Ade Irawan Sedang Mengecat Balai Warga 05/07/2020
Orangnya pendiam. Tidak banyak omong. Kalau bapak-bapak nongkrong juga, dia jadi yang paling pendiam. Bukan berarti tidak asyik punya, ia tetap suka bercanda dan sekali nyeletuk bisa bikin "Gerr" semua yang hadir.

Tidak pernah lalai ikut kerja bakti. Tidak pernah juga terlambat bayar iuran. Bahkan, banyak sumabngan diam-diam yang diberikan kepada kas RT, seperti pada saat penyemprotan disinfektan mandiri Taman Bunga.

Saat kerja bakti pun , tenaganya seperti tidak pernah ada habisnya. Mungkin "baterai" nya pakai yang merk Energizer. Bapak-bapak yang lain sudah bertolak pinggang karena kecapekan (termasuk saya), pria bertubuh kekar yang satu ini biasanya masih terus sibuk mengerjakan sesuatu.

Itulah Pak Ade Irawan, yang baru saja ditunjuk warga untuk memimpin Cluster Taman Bunga, RT 008 Bukit Cimanggu City, Mekarwangi, Tanah Sareal, Bogor.

Mungkin, *rasanya sih tidak salah juga*, karyawan Pt Aneka Tambang ini berprinsip, "Talk Less Do More".

Tidak perlu banyak bicara, lebih baik banyak bekerja.

Sikap dan tingkah lakunya memang mencerminkan hal itu.

Pagi ini, saat hendak pergi ke rumah adik, ada sedikit rasa malu timbul di dalam hati. Ketika melewati Balai Warga Taman Bunga (BWTB), yang sudah mulai berantakan, dari kaca mobil terlihat sosoknya terlihat sibuk di dalam bangunan yang dibangun tahun 2017 itu.

Rupanya pak Ade sedang sibuk mengecat dinding BWTB tersebut.

Sendirian saja.

Padahal, hari itu tidak ada pengumuman kerja bakti kepada warga.

Terus terang kagum melihat sikapnya.

Belum genap satu minggu ditunjuk sebagai pemimpin RT di lingkungan kami, ia sudah menunjukkan bahwa "perlu ada tindakan" untuk memperbaiki kenyamanan hidup di Taman Bunga.

Seperti biasa, tanpa ba bi bu, tanpa harus rapat yang makan waktu, Pak RT baru ini langsung beraksi. Bukan menyuruh orang untuk mengerjakannya, ia melakukannya langsung sendiri.

Pasti kotor dan capek.



Bagi saya sendiri, selain ada rasa malu juga, setidaknya ada rasa tenang dan nyaman. Taman Bunga rasanya memilih seorang pemimpin yang tepat untuk kemajuan Taman Bunga.

Seorang yang pemimpin yang memulai masa kepemimpinannya bukan dnegan pidato yang hebat. Bukan dengan kata-kata manis. Pemimpin yang memulai masanya dengan menunjukkan cara untuk merubah sesuatu.

Pemimpin yang menerapkan prinsip "Leading by example", memimpin dengan memberi contoh.

Sesuatu yang tentunya akan sia-sia kalau warga yang dipimpinnya tidak mengikuti contoh yang diberikan olehnya.

Mudah-mudahan saja, semua warga, termasuk saya, bukan hanya bisa mengatakan mendukung dalam kata-kata saja, tetapi juga bisa membuktikan dukungannya dalam berbagai bentuk.

Toh semua demi kebaikan bersama.

Terima kasih pak Ade atas contohnya.

Selamat bertugas Pak RT.

(Hasil reportase e-Tabu hari ini, 5 Juli 2020)

2 komentar untuk "Leading By Example : Talk Less Do More"

  1. mau kenalan iih ..sama bapak itu...😊

    BalasHapus
  2. Betul sekali, beliau memang oke pak.
    Aksi tanpa banyak basa basi

    BalasHapus

Posting Komentar