Nge-Roti yuuuks


Apa aja yang dilakukan selama pandemi ini ?

Ga asing pastinya dengan istilah Working From Home, Study From Home, stay at home , stay safe , kaum rebahan, zoom meeting, call meeting hmmmm.

Saya mencoba memanfaatkan dengan mengeluarkan alat perang masak memasak dari gudang , kenapa? karena sebelumnya hampir tidak pernah menyalakan oven lebih dari 1 tahun ...kemanaa ajaa Buuuu ?? :) :)

Nah kali ini saya ingin berbagi resep Roti , sesuatu yang seumur hidup nih buat saya  selalu mind set saya "membuat roti itu capek, bikin pegel, lebih baik beli aja, lamaa bikin roti dan belum tentu hasilnya bagus.

Tapi, karena tiap hari melihat status temen-temen saya berseliweran pada ngeroti teruus...jadi penasaraan..

Alhamdulilah punya temen-temen yang jago jago masak,  master chef ngeroti pada ga pelit ilmu , dibagilah resep dan tadaaaaa ini hasil sayaa ...lumayaan bangeet buat saya yang newbie, beneraan ini pertama kali bikin udah sebagus ini (harus memuji karya sendiri, bila bukan saya siapa lagi ? ) :)..

ini bahan-bahanya :
400 g terigu protein tinggi saya pakai tepung terigu cakra
100 g terigu ptotein sedang  , saya pakai tepung terigu  segitiga biru
1 butir telur
9 g ragi
20 g whipcream bubuk
40 g gula pasir
80 g mentega

100 ml air
100 ml susu cair

Cara Membuat
Campurkan semua bahan kecuali air dan susu,  diaduk menggunakan mikser dengan kecepatan rendah , sambil dituangi secara perlahan sedikit demi sedikit susu dan air.  aduk sampai adonan menjadi kalis, tandanya yaitu adonan tidak lengket lagi dan dapat direntangkan membentuk seperti jaring dan tidak mudah putus.

kemudian bulatkan adonan, tempatkan pada wadah kering dan bersih, tutup dengan kain bersih dan kering, diamkan sekitar 20 sd 30 menit sampai menjadi 2x lipat ukuran nya.

keluarkan adonan, kempiskan untuk membuang gas , dan adonan dibagi2 sama rata, saya timbang masing masing 50g , lalu dibuat roti sobek . Kenapa roti sobek?? karena ini roti yang paling mudah dan untuk pemula sangat cocok .

Adonan juga bisa diisi yaa menggunakan isian sesuai selera bisa selai coklat, selai strabery , keju dsb

selamat mencobaaaa



Tidak ada komentar untuk "Nge-Roti yuuuks"