Saat Bogor sang Kota Hujan sering dilanda hujan



Bogor yang dikenal sebagai kota hujan, dikenal sebagai penghantar air ke Jakarta.  Sebenarnya sih tidak terlalu rela bila mendengar kalimat Bogor ngirimin banjir nih ke Jakarta.. Karena kalau curah hujan sedang tinggi Bogor sendiri pun terkena luapan air sungai. 

Contoh klasiknyaa yaa di Taman Bunga tercinta kita ini….
Saat hujan deras dengan waktu agak lama saja, maka sudah dipastikan sungai yang mengalir di depan Jalan Raya besar Bukit Cimanggu City ini meluap, kenapa ?  karena sungai tidak mampu menahan tingginya curah air hujan serta outlet di ujung sungai yang relative kecil sehingga bisa dipastikan komplek sekitaran Blok V sampai dengan Y terkena dampaknya….


Nah ini salah satunya moment yang berhasil diabadikan



Ada yang punya pengalaman pahit saat luapan air ini mendera?  Pastiii laah ada banyaak apalagi rumah-rumah yang posisinya di depan yaa …

Coba kita bahas sebenarnya apa masalah dari luapan air ini yang menjadikan cluster Taman Bunga dari 3 cluster sekitarnya  menjadi langganan banjir :

1.      Pendangkalan sungai ….
Idealnya sungai memiliki kedalaman yang relative cukup sehingga dapat menampung air yang berlebih saat-saat tertentu,

Logikanya saat hujan terjadi aliran air dari dataran tinggi akan membawa banyak material yang menyebabkan pendangkalan  sehingga seharusnya dilakukan pengerukan sungai secara teratur.

2.     Sampah
Banyaknya sampah saat banjir melanda sudah seringkali terlihat, berserakan dimana2..
Menurut saya sih yaa…untuk sekelas perumahan yang dikategorikan menengah atas koq yaa miriiss gituu umelihat sampah terbawa arus sungai dan meluap kemana-mana…

Suka terbersit tidak sih kemana kita harus mengadu ?  hahah berasa sedang curcol ini..tapi memang perlu banget pengaduan  seperti DKI Jakarta yang telah memiliki dan menyediakan pengaduan bagi warganya bila ada hal-hal yang tidak memuaskan warganya sehingga dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat..

3.     Outlet/saluran air keluar menyempit

Meluapnya sungai dipastikan karena air tidak mengalir dengan lancar, di akhir pembuangan tidak tersedia fasilitas yang mampu menampung air saat hujan deras..

Boleh dong berharap dan bermimpi semogaa kedepannya hal ini tidak terjadi lagi..
Kalo sekarang yaa masih deg deg an siih kalo hujan deras dengan waktu lama sudah dipastikan nih…mobil-mobil kecil  harus menunggu reda untuk bisa melewati jalan dan masuk ke cluster.

Entah kapan hal ini dapat diselesaikan semogaa saja semua pihak dapat mencari solusinya ….

Aamiin YRA


4 Komentar untuk "Saat Bogor sang Kota Hujan sering dilanda hujan "

  1. Kalau Bekasi Utara belakangan ini tepatnya dari minggu kedua bulan puasa malah tidak di guyur guyur hujan. Sudah lama banget. Sempet sih suatu malam gerimis, tapi ya gitu cuma lewat hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebayang gerah sm debunya ya, sama biasanya air pam maupun sumur mulai susut..

      Hapus
  2. jadi inget Bunda Gavin "menerjang" banjir yang udh nyampe pinggang waktu pulang jemput Gavin 😓

    BalasHapus
  3. Hahaha...heeeh yaaa berasaaa dimanaa pake tongkaat ..rame2 menerjang banjir demi anak

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel