CILOK GOANG ...MAKANAN SUNDA YANG NGEHITS

sumber : google foto


Cilok...Aci dicolok,  langsung deh pikiran melayang ke makanan, bentuknya bulat, kenyal kenyal , endesssss....naah umumnya cilok itu berbumbu kacang yaa  dengan warna merah yang menggiurkan.
Hmmmmmm penggemarnya banyyaaak niiih..mulai dari anak anak sampai emak bapak kakek nenek....yaa seisi Kijang laah dulu gimana iklan Kijang super 90 an heheeee....

Nah sekarang banyak terdengar Cilok goang ...apa sih itu ??? kaya apaa sih ?  yaa cilok alias aci dicolok berbahan dasar : tepung sagu, dibentuk bulat bulet tapi bedanya yaitu di bumbunya....
Cilok goang ini berkuah yaa dan tidak memakai bumbu kacang...bikiin yuukkkk...gampaang koq..
Ga percaya?  Dijamin bisaa asal mau sedikit rempong di dapur yaaaa.


Bahan dasar Cilok




sumber: wordpress.com


Tepung sagu 250g
Tepung terigu  100g
Garam
Air mendidih  500 liter

Isian :
Daging sapi lemak dicincang
Bawang merah diiris
Bawang daun diiris
Bawang putih diiris
Cabe rawit
Kencur

Bahan isian yaitu kencur, cabe rawit dan garam dihaluskan semua lalu ditumis dengan bawang merah dan putih dan bawang daun yang telah diiris halus yaa, lalu sisihkan.

Cara pembuatan Cilok :

Campur tepung sagu dan tepung terigu , tambahkan garam, aduk rata, siram sedikit demi sedikit dengan air mendidih.  Aduk sampai kalis dan dibentuk bulat dengan tangan saja yaa,   isian yang telah dibuat bisa ditambahkan.

Didihkan air, lalu setelah mendidih masukkan cilok dan rebus sampai mengapung, sisihkan, supaya tidak lengket saat merebus tambahkan sedikit minyak goreng di air rebusan.

Nah untuk membuat cilok goang ada beberapa tambahan bahan misalnya :

-Tahu
-Ceker
-Sawi hijau
-Bawang  merah  dan bawang putih diiris
-Cabe rawit dan kencur dihaluskan

Cara pembuatan cilok goang :

Tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan kencur dan cabe rawit yang dihaluskan, masukkan air kuah sekitar 500ml , tambahkan bumbu ( garam, merica, penyedap rasa bila suka),  masukkan tahu, ceker ayam dan sawi serta cilok yangtelah direbus sebelumnya..biarkan mendidih , cicipi dan angkat.


Selesaai deh ...selamat menikmati yaaa







Belum ada Komentar untuk "CILOK GOANG ...MAKANAN SUNDA YANG NGEHITS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel