Toraja

Saya bangga menjadi bagian dari Indonesia.  Karena di tanah air kita terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan berbagai macam adat istiadat dan ada berbagai macam seni kuliner. Disini saya akan berbagi sedikit cerita tentang TORAJA. Toraja erletak di Sulawesi Selatan. Dikenal banyak orang  dengan rumah adat tongkonannya yang khas atau upacara kematian yang sangat megah yang mengandung unsur magis. Dengan disertai pemotongan kerbau putih.
Selain itu ada yang sangat terkenal di Toraja  yaitu kopi  Toraja yang sangat enak.

TORAJA berada diantara perbukitan dan lembah lembah berhawa sejuk dimana mata pencaharian orang Toraja. Bersumber dari hasil pertanian dan perkebunan.

Karena itu orang Toraja sangat gemar memasak dengan menggunakan bahan bahan yang didapat dari hasil pertanian dan perkebunannya.

Seperti buah keluwak. Yang diambil dagingnya kemudian dikeringkan dan itu sudah menjadi ciri khas mereka.
Daging keluwak yang dikeringkan menjadi PAMARRASAN.

Di pulau Jawa ada Kemiri untuk mengentalkan bumbu. Dan di Toraja ada pamarrasan. 

Hasil budi daya kelapa hanya untuk dijadikan serundeng karena bagi suku Toraja perasan kelapa yang berupa santan jarang dipergunakan.

Toraja kaya akan kekayaan alamnya,  ada banyak bumbu yang lazim digunakan dalam masakan Toraja. 

Di Toraja ada jamuan makan dalam duka cita pada upacara kematian yaitu jamuan RAMBU SOLLO.  Ada pantangan yang tidak boleh disajikan pada upacara kematian seperti ayam, biasanya makanan yang disajikan yaitu  ikan.

Tingkatan suku Toraja merupakan simbol status sosial.  Bagi keluarga ningrat disebut Puang yang harus menyediakan kerbau putih pada saat acara kematian.  Hewan yang dipotong lalu dibagikan merupakan persembahan untuk melepas jenazah. Dan persembahan kerbau putih ini menjadi syarat mutlak untuk orang yang terpandang di tanah Toraja.  Tradisi ini pun sangat menarik untuk turis mancanegara maupun turis lokal.  Ada sedih dan senang . senang identik dengan kegembiraan .

Jamuan lainnya adalah jamuan seusai panen raya yang dinamakan RAMBU TULLA.  Pada acara ini  pesta yang sangat meriah sebagai tanda syukur pada Tuhan. Acara pesta ini dilakukan ditempat terbuka.

Salah satu kebanggaan masakan Toraja, salah satu masakan khas Toraja yaitu  masakan yang dimasak dalam bambu namanya PA ' PIONG. Bahan dasar masakan ini menggunakan daging.  Daging dimasukan kedalam bambu dan ditutup daun pisang lalu diikat dan disandarkan diatas bara api.

Adapun yang khas dari dapur Tanah Toraja yaitu beberapa rempah atau bumbu misalnya  Daun Miana (sere ako) mirip dengan daun bayam merah. Aroma daun ini  langu  dan biasa digunakan pada masakan daging atau di kita lebih dikenal dengan nama Jawer Kotok. Dan biasanya ini merupakan tanaman hias kalau dikita.

Selain itu salah satu bumbu yaitu  keluwak kering atau disebut PAMARRASAN. Daging biji keluwak yang sudah dikeringkan baisa digunakan sebagai bumbu sayur agar kental dan berlemak.  ada pula keluwak muda ( Paliak/ Koloma ) yang dagingnya keluwak yang masih berwarna putih. Kalau di tanah sunda terkenal dengan nama picung. Rasanya menyerupai kacang.

Ada juga sayuran khas yaitu pakis muda untuk masakan ikan yang menggunakan juga daun jambu biji. Adapun rasa sepat dari daun jambu biji akan membuat ikan lebih sedaaap dan yang terpenting mengurangi rasa bau amis.

Demikianlah sedikit tentang tanah Toraja.

Bumbu masakan Toraja

3 Komentar untuk "Toraja"

  1. wah gak nyangka mbak Ella cukup "kenal" dengan tanah Toraja 👍

    BalasHapus
  2. Mungkin diagendakan kesana? Aku belum kesampeaan niih ke Toraja

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel