SOKOLA

sekolah ACIKITA
Assalamualaikum wr wb ,

Sokola atau Sekolah ..jangan bosan dulu yaa dengan satu kata ini karena sepertinya kita memang akan selalu akrab dengan kosa kata ini.  bagaimana tidak akrab dengan sekolah hehe kita sendiri dari mulai TK sampai kuliah lalu akan berurusan lagi saat kita telah memiliki anak,  ya  betul untuk mengurus pendaftaran dsb dsb.

Sekolah negeri dan sekolah swasta , apa perbedaanya ?  tentunya ada perbedaan dan saya mau tulis 3 perbedaan besar saja yaitu
1. Fasilitas
2. Biaya
3. Jumlah siswa

Semua ini berkorelasi tentunya, semakin tinggi biaya sekolah tentunya akan diiringi dengan fasilitas yang lengkap serta menunjang mulai dari bangunan fisik, ekstrakurikuler lalu untuk jumlah siswa,
sedangkan jumlah siswa, sekolah swasta biasanya lebih sedikit sehingga pengawasan anak oleh guru lebih bisa terfokuskan.

Nah saya sebagai orang tua yang kolot selalu memilih sekolah negeri terlebih dahulu, bila memang masuk negeri alhamdulilah, walaupun banyak sekali sekolah2 swasta yang sangat berkualitas apalagi bagi yang tinggal jabotabek dimana pusat kota biasanya banyak menjamur sekolah swasta.

Berbeda dengan tahun ini,  dimana Alloh memiliki rencana lain yang tentunya baik buat kami,saya selalu percaya akan hal tersebut..apapun yg terjadi dalam kehidupan saya pasti ada hikmahnya dan akan menjadi sebuah senyum penuh rasa syukur di kemudian hari, kenapa yaa karena biasanya kita akan menyadari hikmahnya setelah beberapa saat kejadian tersebut berlalu.  dampak dari PPDB 2019 ini dengan sistem zonasi yang ditetapkan pemerintah, dan bagi saya yang jarak rumah ke sekolah kalah oleh para ortu lain yg lebih dekat , maka swasta menjadi pilihan lain.

singkat cerita, browsing ala2 emak dilakukanlah untuk mencari sekolah swasta tapi yang akan saya shared disini adalah prosesnya.  Dari awal pencarian saya melibatkan pelaku siapa dia ?  ya anak saya yang akan bersekolah hehehhe...saya diskusi dengannya bahwa dia yang akan bersekolah, dia yang akan disana 3 tahun kedepan maka keputusan dia sangat penting bagi masa depannya.  Saya sebagai orangtua hanya memfasilitasi selagi saya mampu.

hasil diskusi ketemulaah dengan sebuah sekolah yang agak jarang terdengar..saya pun penasaran sekolah apa ini ya ?  baca di web nya aah okaay pantesan anak saya suka karena sekolah ini menggunakan kurikulum nasional dan persiapan studi ke Jepang.

http://www.acikita.org/program/education/acikita-school/acikita-senior-high-school/

kamipun berangkat untuk survey dan bertemu langsung dengan Kepala Sekolah yang menjelaskan sistem serta metode sekolah ini. Siswa sangat terbatas sebanyak 25 siswa saja per Tahun, karena mereka fokus untuk mentargetkan semua siswa melanjutkan study ke Jepang. jadi disini hanya 2 tahun pendidikan umumnya dan tahun terakhir adalah fullpersiapan studi lanjutan.  Bahasa yang digunakan sehari2 yaitu bahasa Indonesia, Inggris dan Jepang.  untuk Jepangnya sendiri siswa ditargetkan lulus N2 sebagai salah satu persyaratan beasiswa ke Universitas Hygeo, Universitas Kobe dan Universitas Osaka.  MoU yang mereka punya yaitu 10 Tahun dengan Univ Kobe dan Selamanya dengan Univ Hygeo.  Acikita ditantang untuk memasukkan 25 siswa lulusan SMA ke univ tersebut dan ini menjadi suatu daya tarik bagi anak2 yang memiliki minat melanjutkan studi ke Jepang.

pertimbangan saya menyetujui sekolah ini yaitu :
1.  biaya pendaftaran terhitung standar bahkan mungkin lebih murah untuk boarding school yaitu sekitar Rp. 28.250.000 dan SPP serta uang bulanan asrama dsb Rp. 2.900.000

2. Fasilitas yg ditawarkan yang melingkupi kurikulum nasional, metode Jepang dan persiapan lanjutan studi serta tahfiz Quran

3.  Pembentukan karakter yang diutamakan terutama ada mata pelajaran home economy yang mengajarkan kemandirian bahkan menyiapkan siswa pada kehidupan yang nyata di depan ( ya mapel ini mengajarkan menjadi seorang laki2 dan ayah juga hehehe ...seruu menurut saya)

3. bahasa sehari-hari yang digunakan yaitu Indonesia, Inggris dan Jepang.

so buat anak yng memiliki minat melanjutkan studi ke Jepang, maka ini adalah pilihan tepat krn tidak perlu lagi setelah menyelesaikan 3 tahun SMA lalu pendidikan lanjutan 1 tahun kemudian, disini sudah disiapkan sejak kelas 1 .   Bismillah ya Nak ,  semoga Alloh meridhoi cita citamu ...

Wassalamualaikum wr wb.


5 Komentar untuk "SOKOLA"

  1. alhamdulillah, ternyata "berjodoh"nya dengan Acikita ya buuu...
    btw, sokola teh kl kt orang sunda mah sakola nya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul buu..sokola rimba ...sakola..alias sekolah

      Hapus
  2. Alhamdulillah mantap nih acikita...bisa jadi salah satu referensi sekolah...terutama yg mo lanjut ke jepang

    BalasHapus
  3. Semoga bisa berprestasi dan membanggakan ya bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Yaa alloh..dimanapun anak2 sekolah yaa semoga berakhlak baik

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel