Singkong Kukus Pelangi: Dari Bahan Murah Tetapi Tidak Murahan


Di saat libur seperti ini, paling asyik berbagi cerita dengan dua pangeran kesayanganku sambil minum kopi dan teh dengan ditemani singkong goreng yang renyah dan empuk. Mereka suka sekali dengan singkong goreng dengan rasa yang diberi bumbu bawang putih dan ketumbar karena aromanya yang khas.

Makchan bilang sih bahan makanan yang terbuat dari singkong itu 'murmer' alias murah meriah tapi uenak dan disukai banyak orang. Siapa sih yang gk suka? Selain harganya yang murah, mudah di dapat dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Selain digoreng dan direbus, bisa juga dibuat combro, misro, kolak, peuyeum dan keripik singkong.

Tapi.... Apa salahnya kalau kita mau lebih kreatif dan mau repot sedikit, singkong bisa diolah menjadi lebih terlihat modern dan kekinian.😊 Setidaknya kita bisa buat singkong lebih terkesan mewah tapi tidak murahan.

Bagaimana caranya yah?

Mari kita coba dan siapkan bahan-bahannya:

  • 2 kg singkong yg sudah diparut
  • 200 gr gula pasir
  • 1 bgks agar-agar bubuk
  • 1 sachet susu bubuk putih 
  • 1 bgks vanilli
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr margarin cair
  • Pewarna makanan 
  • (merah, kuning dan hijau)
  • 1/2 butir kelapa muda parut  yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam
  • (Kelapa dapat diganti dengan keju parut)

Cara membuatnya:
1. Campur singkong parut, gula pasir, agar-agar, susu, garam, vanili dan margarin cair sambil diaduk dengan spatula.

2. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan masing diberi warna merah, kuning dan hijau.


3. Siapkan loyang yang sudah dioles sedikit minyak goreng
4. Masukan adonan berwarna merah, kuning dan hijau. Lakukan secara berlapis.




5. Masukan ke dalam kukusan yg sudah dipanaskan terlebih dahulu.
6. Kukus selama +/- 30 menit
    Makchan jangan lupa yah, tutup kukusannya dengan serbet supaya airnya tidak menetes ke adonan


7. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan sajikan bersama kelapa atau keju parut.

O,ya bunga yang ada dipermukaan kue, dibuat dari sedikit adonan. Namanya aja Taman Bunga selalu ada dihati dong😊

Silahkan mencoba ...

3 Komentar untuk "Singkong Kukus Pelangi: Dari Bahan Murah Tetapi Tidak Murahan"

  1. Nice sharing makchan! Ternyata singkong gak cuma digoreng ya. Mungkin makchan bisa coba buat cemilan lain, dari pisang misalnya. Silahkan lihat di kitajalanyukk.blogspot.com semoga bisa jadi referensi cemilan enak lainnya. Terima kasih

    BalasHapus
  2. duuuh, enak iniii 😋.. tapi yg bikin mager marut singkongnya itu 😓 bisa diblender aja gak sih singkongnya?

    BalasHapus
  3. Kalo untuk happyemak kynya lebih enak beli di Bu anton ajah..gimana? Hahha ga mager itu maah ..dijamim cepet kenyang n praktis

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel