Perhatikan Posisi Saat Memotret! Tidak Selalu Harus Berdiri


Bosan hasil fotonya begitu-begitu saja? Jangan langsung terburu-buru berpikir untuk membeli kamera DSLR (atau smartphone baru yah).

Seringnya, hasil foto yang kelihatannya membosankan bukan karena ada masalah dengan kameranya, tetapi "ada masalah" dengan yang memotretnya.

Melihat kebiasaan orang saat memotret adalah sekedar mengarahkan kamera dengan posisi berdiri dan kamera berada sejajar dengan mata. Itu saja. Terus menerus cara itu yang dipakai.

Sayangnya, sesuatu yang terus menerus dilakukan memang hasilnya biasanya akan membosankan.

Cobalah bersikap sedikit kreatif saat memotret.Memotretlah sambil jongkok, tiarap, dari depan, dari samping, bahkan dari belakang. Atau terserah dengan cara apapun, selain berdiri dan kamera sejajar dengan mata.

Hasilnya akan berbeda-beda. Hasilnya kerap mengejutkan dibandingkan dengan memakai posisi standar saja.

Dalam fotografi pun sebenarnya ada 5 standar sudut pemotretan

1) Bird Eye Level

Kalau pemotretan dilakukan oleh orang yang berada pada posisi yang jauh lebih tingg, seperti di atas pohon. Coba bayangkan saat naik balon terbang dan kemudian melihat ke bawah. Nah, itulah yang disebut bird eye level

2) High Eye

Posisi kamera tidak setinggi pada Bird Eye Level, tetapi lebih tinggi dibandingkan obyeknya. Hasilnya yang dipotret akan terlihat lebih kecil dari sebenarnya

3) Standar/Normal

Tidak perlu dijelaskan yah. Sudah tahu kan seperti apa? Berdiri dan kamera sejajar dengan mata

4) Low Angle

Kamera berada di posisi bawah, bisa di tanah, tetapi lensa diarahkan ke atas. Hasilnya si obyek terlihat jadi lebih besar dari sebenarnya

5) Frog Eye Level

Tahu cara kodok memandang kan? Posisinya seperti apa, coba tiarap dan kemudian arahkan kamera hampir sejajar dengan tanah. Tidak mengarah ke atas. Nah, begitulah kira-kira.

Kemudian, kombinasikan dengan dari samping, dari 1/2 samping, dan seterusnya.

Jangan terus terusan memakai posisi normal. Hasilnya, ya biasanya begitu-begitu saja. Merubah posisi sedikit bisa memberikan kesan yang berbeda pada hasil fotonya.

Coba saja sendiri kalau tidak percaya.

Baidewei, kira-kira foto di atas dipotret pakai posisi yang mana yah? Bisa tebak?


2 Komentar untuk "Perhatikan Posisi Saat Memotret! Tidak Selalu Harus Berdiri"

  1. Low Angel sepertinya, Pak.

    Saya itu kalau motret sesuatu suka begitu, Pak. Dari kanan, kiri, atas, bawah, sampai tengkurap di atas lapangan golf juga pernah, heheheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu calon fotografer handal kalau mau begitu mah

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel