CUCURAK YUUUUK


Tidak terasa, bulan Ramadhan sudah semakin dekat, dan setiap daerah mempunyai tradisi masing-masing dalam menyambut kedatangannya. Selain tradisi nyekar, maka biasanya ada tradisi “makan-makan sebelum puasa”, yang di Bogor lebih populer dengan istilah “cucurak”.

Kata cucurak, termasuk ke dalam “bahasa Sunda wewengkon”, diperkirakan berasal dari kata “curak-curak”  yang artinya “bersenang-senang”.

Jujur, sebelum menjadi warga Bogor, saya tidak mengenal istilah cucurak, melainkan “munggah" atau “munggahan”, istilah yang dipakai di kampung halaman saya untuk acara makan-makan sebelum puasa ini.

Apapun istilah yang dipakai, momen makan-makan sebelum puasa alias cucurak ini menjadi momen yang ditunggu oleh masyarakat. Bukan hanya di lingkungan perumahan, tapi di tempat kerja dan komunitas orang tua di sekolahpun hampir bisa dipastikan akan mengadakan acara cucurak.

Maka tidak heran bila seseorang memiliki jadwal cucurak yang padat merayap di hari-hari terakhir menjelang bulan Ramadhan. Hitung saja, cucurak dengan tetangga, dengan orang tua murid sekolah anak yang besar, dengan orang tua murid sekolah si bungsu, lalu di kantor sendiri maupun di kantor suami, dengan teman se-gank, belum lagi bila keluarga besar juga ikut mengadakan cucurak. Dijamin tiada hari tanpa cucurak.. Pokoknya puas-puasin makan di siang hari sebelum “dilarang” J

Hari cucurak sekaligus juga  bisa menjadi hari bebas masak bagi para ibu, karena biasanya makanan yang tersedia cukup berlimpah sehingga menyisakan sejumlah lauk yang bisa dibungkus untuk dibawa pulang. Kecuali kalau cucuraknya di kafe-kafe, gak bisa bungkus lah ini mah..
Dan ibu-ibu cantik Taman Bunga pun tidak ketinggalan tentunya. Tahun ini cucurak akan diadakan 10 hari sebelum Ramadhan tiba. Rencana sudah diajukan di grup WA ibu-ibu sejak seminggu yang lalu, tetapi rupanya masih kalah cepat. Karena, tetap ada beberapa ibu cantik yang terpaksa ijin tidak bisa ikut, karena sudah ada janji cucurak di tempat lain. 

Mungkin tahun depan jadwalnya harus dibikin sebulan sebelumnya ya, biar semua bisa ikut J

Meskipun "pasukan" tidak lengkap, semoga cucurak ibu-ibu cantik Taman Bunga tahun ini, seseru tahun-tahun sebelumnya ❤

Hayu urang cucurak ibu-ibuuuu....



See you in another "story"
❤&☕ happyemak


#foto-foto diambil dari dokumentasi cucurak ibu-ibu cantik Taman Bunga tahun lalu di kediaman Ibu Hj. Vida, dan dari mbah gugel





Belum ada Komentar untuk "CUCURAK YUUUUK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel