SUATU PAGI BERSAMA LAYANAN SIM KELILING KOTA BOGOR


As we all know, semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia harus memiliki Surat Ijin Mengemudi alias SIM, yang berlaku selama 5 tahun sejak SIM tersebut dikeluarkan, dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya (Peraturan Kapolri no. 9 Thn 2012, Pasal 11 Ayat 1).

Disarankan untuk memperpanjang SIM sebelum habis masa berlakunya, karena bila terlambat satu hari saja, pemegang SIM harus kembali mengikuti ujian di Satuan Penyelengaraan Pelayanan SIM (Satpas) setempat, alias bikin SIM baru (Peraturan Kapolri no. 9 Thn 2012, Pasal 28, ayat 2 dan 3). Malezzz amat kan harus ikut ujian bikin SIM baru lagi L

Untuk memperpanjang SIM dapat dilakukan di Satpas setempat atau di Layanan SIM Keliling (LSK). Bila akan memperpanjang di LSK, syaratnya mudah, pemohon hanya harus membawa fotokopi KTP dan SIM yang masih berlaku  dan menunjukkan yang asli kepada petugas saat mendaftar. Dan tentunya bayar dong. Gak nolak juga sih kalau someday digratiskan, ye kan J
Lokasi Layanan SIM Keliling kota Bogor per April 2018

ALUR DAN tips memperpanjang SIM di LSK :
1. Pastikan mobil LSK beroperasi hari itu. Biasanya bila ada perubahan waktu operasional, akan diumumkan di akun twitter @polresbogorkota.
2. Datang ke lokasi LSK paling telat jam 05.30 untuk mendaftar dan menyerahkan fotokopi KTP kepada petugas pendaftaran. Ingat baik-baik nomor pendaftaran yang Anda dapat.
Whaaatt, harus sepagi itu? Harus Saudara-saudara, soalnye, kuota pemohon perpanjangan SIM dibatasi 30 s.d 40 orang per hari. Biasanya datang siang dikiiit aja, kuota udah full.. Setelah daftar mah, mau nunggu di situ, mangga, mau  pulang dulu, boleh. Datang lagi aja sekitar pukul 08.00. Paling aman, nanya aja sama petugas pendaftaran, harus balik lagi jam berapa.
3. Jangan lupa bawa pulpen, karena tahap pertama adalah mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM, dan petugas tidak menyediakan alat tulis (alhamdulillah hari itu dipinjemin sama sekuriti Graha Pena
Beres mengisi formulir, lalu antri untuk dicek kesehatan oleh petugas sebagai syarat mendapatkan Surat Keterangan Sehat. Pengalaman kemarin sih ditanya  berat dan tinggi badan, tes buta warna, dan cek tekanan darah.
Pastikan panggilan petugas terdengar di tempat menunggu, atau bisa-bisa Anda dianggap tidak ada dan giliran Anda dilewat oleh orang lain. Juga perhatikan urutan pemohon sebelum dan sesudah Anda.
3. Lanjut geser ke meja sebelah untuk  cek data di formulir yang tadi sudah diisi.
4. Urusan cek data beres, pemohon membawa formulir yang sudah diperiksa dan Surat Keterangan Sehat untuk diserahkan ke petugas bagian foto, dan tinggal nunggu dipanggil deh.
Sekali lagi, perhatikan urutan antrian.. Jadi bila ternyata yang antri di belakang anda dipanggil duluan untuk foto, and it really happened :( ,  protes aja.. It worked for me !! Budayakan mengantri gitu lho...
5. Sebelum foto, petugas melakukan cek n ricek terakhir data pemohon. 
Lalu cekrek, (kemarin bapak petugas fotonyanya baek banget, kalo berasa foto kita belum oke, bisa minta foto ulang ☺), foto dan data oke, berkas data dikembalikan lagi pada pemohon, langsung deh ke loket untuk menyerahkan berkas dan bayaaarrr...

Biaya perpanjangan SIM C, Rp. 75.000, SIM A, Rp. 80.000.
Biaya cek kesehatan, Rp. 30. 000.
Biaya card holder berlogo kepolisian  dan lain-lain (lain-lain karena tidak ada keterangan biaya apa saja, dan tidak ada bukti pembayaran yang diberikan) Rp. 30.000.
Total bayar perpanjangan SIM A Rp. 140.000

Sekitar 5 menit kemudian, SIM sudah ada di tangan J
Mission accomplished !!!

See you in another “story”
❤&☕ happyemak

#foto-foto diambil dari simkeliling.com dan PojokBogor  

Belum ada Komentar untuk "SUATU PAGI BERSAMA LAYANAN SIM KELILING KOTA BOGOR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel