Untuk Apa Mempunya Website/Blog e-TABU, Kan Sudah Ada Grup Whatsapp ?

Untuk Apa Mempunya Website/Blog, Kan Sudah Ada Grup Whatsapp

Ngapain sih bikin blog dan web segala? Bukankah Cluster Taman Bunga sudah punya Grup Whatsapp? Ngapain harus repot-repot dan menghabiskan uang kas RT untuk sesuatu yang tidak ada gunanya? Terus, apa itu e-TABU?

Mungkin sekali ada yang berpandangan demikian, tetapi mohon izinkan kami menjelaskan sejenak landasan dari pemikiran kami, Pengurus RT 008 RW 09.

Blog atau bisa disebut "Website Personal" ini memiliki fungsi dan peran yang berbeda dengan grup Whatsapp INFO TAMAN BUNGA atau TAMAN BUNGA yang sudah ada. Kedua grup yang berbasiskan aplikasi chatting adalah komunikasi antar warga saja. Katakanlah untuk komunikasi internal saja.

Jangkauannya sangat terbatas, yaitu hanya dengan orang-orang yang berada di lingkungan Cluster Taman Bunga saja yang bisa bergabung.

Sementara blog atau website ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak orang di dunia luar tentang Cluster Taman Bunga.

Apa itu e-TABU?


e-TABU adalah singkatan dari Electronic Taman Bunga. Biarlah agak aneh sedikit tetapi rasanya mudah diingat dan enak dikuping. Singkatnya merupakan sebuah media berbentuk blog/website personal yang ditujukan untuk berbagi informasi atau apapun dari Cluster Taman Bunga kepada dunia.

Dunia? Serius?

Iyah. Karena jangkauan blog tidak berbeda dengan "website" karena pada dasarnya adalah salah satu bentuk website. Pembaca blog bisa berasal dari belahan dunia mana saja, jadi bukan tidak mungkin blog ini nantinya akan dibaca oleh mereka yang berada di luar negeri. Jadi, kalimat "dari Cluster Taman Bunga kepada dunia" bukanlah sesuatu yang mengada-ada.

Apa untungnya punya e-TABU? 

Hemm.. Tidak bisa terlihat sekarang karena blog baru saja berjalan, tetapi, apabila banyak pembaca yang datang ke blog ini, maka warga Taman Bunga bisa

1. Mempromosikan produknya bagi yang sedang berniat menjadi wirausaha
2. Memperlihatkan kreatifitasnya dalam berbagai bidan
3. Bercerita tentang apa yang dikehendakinya, baik itu berupa pengalaman berwisata, pengetahuan, informasi, dan berbagai hal lain
4. Menyalurkan bakat
5. Mengetahui apa yang terjadi di Taman Bunga atau hal-hal lain yang dialami warganya

Dan, yang terakhir, jika dibantu dan didukung oleh warganya, bisa dijadikan sumber bagi pemasukan kas RT (Jangka panjang) karena sebuah blog sudah terbukti dapat menghasilkan pemasukan jika dikelola dengan benar. Sudah banyak bukti di dunia bahwa blogger bisa mendapatkan penghidupan dari menulis pada blog mereka, dan bila itu bisa dilakukan, tentunya bisa meringankan beban keuangan RT di masa depan.

Siapa yang boleh menulis di blog e-TABU?

Siapa saja. Bahkan kami akan meminta warga untuk ikut aktif mengirimkan tulisan hasil karyanya ke blog ini.

Sebuah blog akan semakin bagus dan berkembang, jika secara rutin diisi dengan artikel atau tulisan. Hal itu akan membantunya mendapatkan pembaca. Semakin banyak semakin baik.

Jadi, siapapun boleh saja mengisi blog ini dengan tema apa saja. Mau bercerita tentang pengalaman piknik ke Australia, atau sekedar berbagi resep makanan, atau bercerita tentang kekesalan terhadap pengurus RT, silakan saja. Tidak akan ada masalah.

Hanya, karena tetap ada UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik), janganlah menyebarkan berita yang tidak benar, mengandung unsur SARA, atau menyebarkan kebencian. Blog ini bukan ditujukan untuk hal-hal seperti itu.

Juga, jangan mengirimkan artikel yang merupakan  hasil 'COPAS" (COPY PASTE) atau hanya menyalin dari milik orang lain. Hal itu, dapat membahayakan blog ini sendiri dan pengirimnya. Jadi, lebih baik menulis sendiri, meskipun sederhana dan pendek, dibandingkan panjang lebar, keren, tetapi hasil COPAS.

Bagaimana cara mengirimkan tulisan ke e-TABU?

Mudah saja.

Kalau anda punya alamat "gmail", silakan kirim ke antonardyanto2022@gmail.com untuk didaftarkan, dan kemudian Anda sudah bisa menulis langsung di blog ini dari rumah Anda.

Kalau masih ragu bisa melakukannya, silakan buat artikel Anda di MS Word dan kirimkan ke alamat email di atas.

Ada baiknya kalau mau mengikuti dan belajar kelas blog di Taman Bunga. Tidak ada biaya dan benar-benar gratis karena merupakan sharing dari warga untuk warga. Dengan begitu, warga bisa mengetahui secara langsung salah satu proses bagaimana sebuah website dibuat dan bagaimana begitu banyak tulisan di Google yang membuat mereka terlihat luar biasa.

Bolehkah memasang hanya foto? Tidak masalah kalaupun hanya mau mengirimkan foto, tetapi harap disertakan juga, apa, siapa, dimana, dan even apa. Hal itu akan memberikan informasi kepada pembaca tentang foto yang hendak diterbitkan di blog ini.

Juga, jangan lupa, setiap foto harus sudah diperkecil ukurannya agar tidak memberatkan yang membuka blog ini.

----

Untuk sementara itu saja dari kami, para admin di Blog e-TABU. Mohon maaf karena kebetulan habis nongkrong dan begadang di pos, matanya masih susah terbuka dengan benar. Jadi, kalau ada salah ketik, mohon dimaklum.

Kami akan semakin membaik di masa depan, tentunya.

Beberapa posting berikutnya, adalah bentuk contoh postingan sekaligus melakukan testing pada website ini.

Tolong dibantu yah om dan tante. Bukan demi para admin, tetapi demi kita semua yang tinggal di Cluster Taman Bunga juga.

Sekian.

4 Komentar untuk "Untuk Apa Mempunya Website/Blog e-TABU, Kan Sudah Ada Grup Whatsapp ?"

  1. berati yang nulisnya boleh siapa saja Pak ? termasuk saya yach, heheheh....

    No.2 kurang " g "

    Nama Pak RTnya siapa Pak ? soalnya wajahnya sering saya lihat di berbagai blog Pak Anton . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya Untung Raharjo... Masa sih, seingat saya malah jarang..:-D

      Hapus
  2. foto Pak RTnya pernah muncul di blog Celotehorangtua. :)

    klu tdk salah diblog Umum Sekali dan Maniak menulis. si Pak RTnya jg muncul. :)

    BalasHapus
  3. Wahh semangat buat blognya hehehe keren, siapa tau bisa seperti kampung blogger :D.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel