Kerja Bakti Itu Perlu dan Bermanfaat, Jangan Absen Melulu Yah

Kerja Bakti Itu Perlu dan Bermanfaat, Jangan Absen Melulu Yah

Harus diakui, sering setelah ikut kerja bakti, badan rasanya pegal-pegal. Maklum lah, umur tidak bisa ditipu. Apalagi terlalu terbiasa duduk di kantor, dan tidak terbiasa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan saat kerja bakti, seperti mengangkut sampah, menebang pohon, dan sejenisnya.

Meskipun demikian, suka atau tidak suka, hal tersebut haruslah dilakukan. Bagaimanapun lingkungan dimana kita tinggal memerlukan sedikit sumbangan tenaga dari para warganya. Tidak berbeda dengan rumah sendiri, lingkungan juga memerlukan sentuhan tangan warganya secara rutin.

Tidak perlu setiap hari atau setiap minggu, tetapi setidaknya sebulan atau dua bulan sekali hal tersebut harus dilakukan.

Memang, sudah ada petugas kebersihan yang setiap hari akan selalu berkeliling untuk memungut sampah dan merawat taman. Tetapi, dengan wilayah yang sedemikian luas, tentunya tidak semua sudut bisa ditangani. Masih banyak sekali bagian yang memerlukan lebih banyak tenaga dan tangan untuk menjadikannya bersih.

Sayangnya, tidak mungkin kita bisa menambah tenaga kebersihan. Hal itu akan justru memberatkan siapapun yang tinggal disana karena untuk melakukannya butuh dana lebih banyak yang pada akhirnya akan menjadi beban juga.

Itulah mengapa Kerja Bakti itu perlu dilakukan. Bukan demi siapa-siapa, tetapi demi kita sendiri. Tentunya akan sangat menyenangkan tinggal dalam lingkungan yang tertata, rapi, dan bersih.

Kerja Bakti Itu Perlu dan Bermanfaat, Jangan Absen Melulu Yah

Lagipula, walaupun badan menjadi pegal-pegal karena kerja bakti, ada manfaat juga yang bisa diambil oleh warga, seperti :


  • bisa bersilaturahmi dengan warga lainnya
  • bisa mengenal orang-orang yang tinggal dalam lingkungan yang sama
  • bisa berolahraga bagi yang jarang menggerakkan badan
  • bisa bertukar pikiran tentang berbagai masalah mulai dari hal-hal di lingkungan sendiri sampai apapun

Rasanya impas deh antara pegal dan kegembiraan berkumpul bersama teman-teman.

Jadi, luangkan waktu ya kawan semua. Tidak dipaksa untuk mengerjakan yang berat-berat kok. Semampunya saja. Kalau memang hanya kuat mencabut rumput, ya cabuti saja rumput. Kalau hanya bisa mengumpulkan sampah, ya lakukan saja.

Apa saja yang bisa membuat lingkungan bersih. Seberapapun kecil usaha yang dilakukan, semua itu akan membantu mempercepat bersihnya lingkungan dimana kita tinggal.

Semakin banyak yang terlibat semakin baik dan semakin cepat. Sebaliknya, semakin sedikit yang ikut kerja bakti, semakin lambat pula usaha mewujudkan lingkungan yang bersih.

Iya kan? Jadi, jangan absen melulu yah. Lingkungan dimana kita tinggal memerlukan uluran tangan kita.

2 Komentar untuk "Kerja Bakti Itu Perlu dan Bermanfaat, Jangan Absen Melulu Yah"

  1. wah kompak nich warga Komplek Taman Bunga.... :) semoga selalu rutin dilaksanakan kegiatannya.

    kegiatan seperti selain membuat lingkungan jadi bersih juga membuat warga semakin akrab. :)

    Sepertinya apa penampakan " Pak Guru Anton yach " difoto diatas :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel