Cara Memperkecil Ukuran Foto di Android Supaya Tidak Makan Kuota Internet

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Android Supaya Tidak Makan Kuota Internet

Di zaman NOW, siapa sih yang tidak hobi sharing foto? Mulai dari direktur sampai anak-anak SD pun sudah terbiasa melakukannya. Biasanya sharing foto dilakukan melalui media sosial ataupun aplikasi chatting seperti Whatsapp.

Dalam sehari kadang tidak terhitung berapa banyak foto yang terkirim dan tersebar melalui media-media itu. Kebiasaan yang sudah menjadi budaya di zaman sekarang.

Kebiasaan yang membuat para operator telekomunikasi senang dan bergembira. Bagaimana tidak? Untuk setiap foto yang terkirim melalui internet, maka mereka akan mendapat penghasilan baik dari yang mengirim maupun yang menerima. Beban itu sering tidak dirasakan oleh mereka-mereka dan kerap dipandang bahwa sharing foto tidak dikenakan biaya sama sekali.

Padahal, tidak demikian adanya.

Untuk setiap foto yang dikirim lewat internet dari satu tangan ke tangan yang lain, tetap ada biayanya hanya, karena kebiasaan hal itu kerap tidak diperhatikan oleh baik yang mengirim atau menerima.

Bayangkan saja seperti ini :

1. Memakai Wi-Fi dengan Internet Statis 

Tidak ada biaya? Tidak juga. Tetap ada biaya. Hanya besarannya sangat kecil sekali karena sudah tercakup dalam jumlah yang dibayar setiap bulannya.

Jika kita membayar Rp. 165.000 sebulan dengan kuota unlimited, maka biaya untuk transfer foto sudah termasuk di dalamnya. Jadi, agak bebas mengirimkan foto sebanyak apapun.

Meskipun demikian, kalau ada kuota yang ditetapkan, ya berarti kuotanya akan terpotong setiap mengirim foto. Dan, kuota yang terpotong tetap memiliki nilai.

2. Memakai Mobile Internet (Dengan Paket Internet)

Indosat, Telkomsel, semua menyebutkan tarif murah. Tetapi, semurah-murahnya tetap saja harus dibayar dengan uang. Lima puluh ribu atau 60 ribu adalah jumlah uang yang harus dibayar untuk kuota antara 1-2 GB untuk paketnya.

Biasanya, satu foto hasil dari kamera smartphone saja sudah berukuran 2.5 MB (Megabyte).

Berarti hitungan kasarnya, hanya perlu 400-800 foto (lebih sedikit kalau ditambah video) untuk bisa menghabiskan kuota. Kalau kuota sudah habis, ya harus beli lagi.

3. Memakai Mobile Internet (Tanpa Paket Internet)

Bagaimana kalau yang tidak mampu membeli paket internet, atau karena kebetulan lupa mengisi pulsa? Para provider baik hati dengan akan tetap menyediakan layanan internet. Hanya tarifnya berbeda.

Berapa besaran tarifnya? Rata-rata Rp. 1/Kilobyte data yang terkirim atau diterima. Murah sekali bukan?

Tidak. Kalau dilihat dari angka Rp. 1 memang kecil sekali, dan hampir tidak bernilai. Tetapi, adakah foto atau image yang berukuran 1 Kilobyte? Tidak ada. Di zaman sekarang, ukuran sebuah foto hasil smartphone dengan 13 Megapixel bervariasi antara 2.5-4.5 Megabyte (1 MB = 1024 KiloByte/KB).

Sebuah foto berukuran 2.5 MB akan memakai data +- 2.500 Kilobyte. Hal ini berarti pengirim harus membayar kepada provider sebesar Rp. 2.500.- per foto yang dikirim. Dan, bukan hanya itu, karena penerima pun harus memakai internet, jadi ia pun akan dikenakan tarif yang kurang lebih sama dengan pengirim.

Jadi, untuk setiap foto yang terkirim dan diterima, akan selalu ada biaya yang harus dibayar. Dan bukan hanya foto sebenarnya, kata-kata di Whatsapp juga memakai internet dan dikenakan biaya (walau teramat sangat kecil). Kalau tidak percaya, coba non aktifkan internet. Bisakah Anda mengirim pesan walau hanya berbentuk teks?

Nah, untuk menghindari biaya yang terlalu banyak saat berbagi foto, sebenarnya bisa dilakukan satu cara yang sebenarnya mudah. Bisa dilakukan dari smartphone yang selalu dibawa kemana-mana.

Salah satu caranya ada di bawah ini.

Unduh dan Install Aplikasi Photo dan Picture Resizer

Untuk melakukan pengecilan ukuran foto diperlukan tambahan aplikasi, namanya Photo dan Picture Resizer. Bisa diunduh di Playstore.

Cara mengunduh dan menginstallnya

>> Klik PLAYSTORE
>> Masukkan frase "PHOTO & PICTURE RESIZER"
>> Akan banyak pilihan, tetapi Anda bisa memilih yang memiliki logo seperti di bawah ini


>> Klik INSTALL
>> Aplikasi akan diunduh secara otomatis dan Anda hanya perlu menunggu sampai tanda INSTALLED muncul

Cara Memperkecil Ukuran Foto 

>> Klik icon Photo and Picture Resizer
>> Akan muncul layar seperti di bawah ini

>> Pilih Select Photos (Bisa satu saja atau sekaligus 10)
>> Klik dan akan muncul layar seperti di bawah ini


>> Klik "RESIZE"
>> Layar "Pilihan Ukuran" akan tampil di layar


Silakan pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau boleh saran, kalau sekedar untuk bersenang-senang dan tidak terlalu penting, bisa pergunakan ukuran yang kecil saja. Ukuran 416 x 312 sudah cukup bagus. Tetapi, kalau memang mau agak besar bis apakai custom size 640x480 maksimum karena ukuran seperti ini pun bahkan sudah bagus untuk tampil di layar komputer.

>> Setelah memilih Anda akan dibawa kembali ke layar yang mirip dengan sebelumnya, bedanya ada keterangan ukuran file foto yang baru

>> Lalu, Anda dapat melakukan 1) merubah nama (Rename) 2) Menimpa File Asli (Replace Original) - berarti file aslinya akan hilang diganti dengan file ukuran baru


>> Proses Resize selesai
>> File hasil proses pengecilan ini akan bisa ditemukan di >>Gallery>> Photoresizer

Hanya akan butuh pembiasaan diri beberapa saat untuk memperkecil foto di android. Tentunya hal itu jauh lebih murah dibandingkan beban biaya yang dikenakan kepada kita dan penerima.

Kalau sih yang menerima mampu, mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi, bagaimana kalau tidak? Bukankah foto yang kita kirim hanya akan menambah beban mereka? Kalau satu mungkin tidak masalah, tetapi kalau setiap hari 1, angkanya bisa lumayan juga.

Jadi, marilah kita berempati kepada sesama pengguna internet. Kerepotan sedikit di sisi pengirim akan bisa mengurangi beban biaya bagi orang lain.

Salam


Belum ada Komentar untuk "Cara Memperkecil Ukuran Foto di Android Supaya Tidak Makan Kuota Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel